Selasa, 22 Maret 2011

KKPI

FUNGSI DENGAN RUMUS MICROSOFT EXCEL 2007



A.Fungsi dalam Microsoft excel

Fungsi adalah rumus yang telah disediakan Microsoft Excel untuk menyelesaikan perhitungan yang membantu kita dalam melakukan pekerjaan bisnis dan perkantoran.penulis fungsi ini harus selalu di lengkapi dengan argumentasi yang dapat berupa angka,label,rumus,alamt sell,atau range.argumentasi ini diperlukan karena excel secara otomatis akan menampilkan format penulisan fungsinya secara lengkap.

Perhatikan contoh berikut:
1. =SUM(20000,54000,62000)artinya hitung jumlah angka 20000,54000.dan 62000.
2. =SUM(B4,F6,H7)artunya hitung jumlah isi sel B4,F6,dan H7.
3. =SUM(F3:F16)artinya hitung jumlah data dalam range F3:F16.

Dalam penggunaan fungsi ini,kita dapat melakukannya secara manual atau dengan menggunakan fasilitas toolbar insert function.excel menyediakan cukup banyak fungsi untuk menyelesaikan bebrbagai permasalahan.

fungsi-fungsi ini di kelommpokkan dalam Sembilan kategori dalam fungsi MS.EXCEL:

1. FUNGSI Matematika dan trigonometri(match dan trig)
2. FUNGSI Statistik(statistical)
3. FUNGSI Tanggal dan waktu(date and time)
4. FUNGSI Logika(logical)
5. FUNGSI Look up & reference
6. FUNGSI Database
7. FUNGSI Text
8. FUNGSI Financial
9. FUNGSI Information